FEBIS Unpatti dan BPS Provinsi Maluku Bersinergi untuk Pemanfaatan Data Statistik

Dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon menjalin kerja sama dengan BPS Provinsi Maluku. Penandatanganan PKS dan Implementation Agreement , Senin (30/9/2024) di gedung FEBIS Universitas Pattimura.

Dekan FEBIS Unpatti Prof. Dr. Teddy Christianto Leasiwal, S.E., M.Si mengatakan kerja sama ini bisa memfasilitasi civitas akademika FEBIS Unpatti, baik dosen maupun mahasiswa yang ingin melakukan penelitian sehingga bisa memperoleh sumber data yang valid. “Data di BPS, ada data makro dan mikro. Data makro kita bisa akses, data mikro tidak semua orang bisa akses, padahal untuk penelitian kita butuh data itu. Kerja sama ini memudahkan civitas kita untuk mendapat data penelitian karena memang BPS kan pusatnya data, baik data sensus nasional, perekonomian, maupun kependudukan,” terang Prof. Teddy.

Selain itu, untuk implementasi program MBKM, mahasiswa juga bisa melakukan magang, penelitian maupun studi independen di BPS Provinsi Maluku.

Pada kesempatan yang sama Kepala BPS Provinsi Maluku Maritje Pattiwaellapia, S.E.,M.Si mengatakan PKS dan IA ini akan menjadi payung bagi implementasi kerjasama yang akan dikembangkan nantinya dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura kedepannya. “Kami ingin bisa lebih memberi manfaat kepada stakeholder dalam memberi manfaat, saling sharing knowledge karena tugasnya BPS melayani. Kami ingin memberikan layanan yang lebih baik kepada stakeholder yang memerlukan data agar bisa lebih bermanfaat dalam memberikan output yang diberikan terkait dengan data,”

Semoga kerjasama yang terbangun menjadi penguatan bagi FEBIS Unpatti untuk tetap berkolaborasi dan membangun jejaring.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *